Minggu, 28 April 2019

Berniat Cicil Mobil?! Gunakan Simulasi Kredit Mobil Baru untuk Pertimbangan Biaya Angsuran

Memiliki mobil merupakan impian semua orang, apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga. Salah satu yang menjadi pertimbangan biasanya permasalahan harga. Karena membeli mobil tidak seperti membeli jajanan yang seandaianya kamu tidak suka bisa langsung dibuang atau dikasih ke orang. Simulasi kredit mobil baru bisa jadi referensi kamu untuk memperhitungkan harga mobil yang satu dengan yang lainnya.

Simulasi Kredit Mobil Baru
Seperti yang kita ketahui, kebutuhan menggunakan kendaraan baik itu motor ataupun mobil semakin meningkat. Hal tersebut didasari dengan kebutuhan sehari-hari dalam menunjang industri dan ekonomi yang semakin merajalela. Maka tidak heran kalau semakin banyak masyarakat yang melakukan kredit motor ataupun mobil. Sayangnya, tidak semua orang berani melakukan kredit kendaraan tersebut.
Ternyata masih ada masyarakat yang cenderung memandang negatif soal kredit kendaraan. Hal demikian terjadi karena mereka belum bisa membayangkan angsuran atau cicilan yang harus dibayar setiap bulan, belum lagi ditambah dengan bunga per bulan. Bisa dikatakan bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya belum mengerti bagaimana cara menghitung simulasi kredit mobil baru.
Padahal, pada masa sekarang ini kalau mau kredit mobil baru tidak memerlukan proses yang lama. Banyak pihak bank atau lembaga pembiayaan menawarkan berbagai layanan pilihan kredit kendaraan. Leasing atau pihak bank akan memberikan penjelasan mengenai persyaratan dan perjanjian serta perhitungan kredit secara struktural. Seperti perhitungan simulasi kredit mobil baru di bawah ini.
     1.    Menentukan Uang Down Payment (DP)
Biasanya leasing akan menyiapkan penawaran menarik untuk kamu. Dalam hal ini kamu dituntut untuk menjadi konsumen yang cerdas. Pilihlah leasing yang menawarkan uang muka tidak terlalu tinggi dan bunga rendah. Selain itu, kamu 
harus memperhatikan realitas harga yang berdaya saing dengan leasing lainnya.
Cara menghitung uang muka yang harus kamu bayar ialah 20% dikali harga mobil. 20% ini ialah tarif minimal yang sudah ditentukan oleh leasing. Maka, kalau kamu membeli mobil yang seharga Rp. 200 juta, kamu harus membayar uang  DP sebesar Rp. 40 juta.
     
      2.    Menentukan Pokok Kredit (PK)
Setelah menghitung pembayaran uang muka, simulasi kredit mobil baru selanjutnya yaitu menghitung pokok kredit atau sisa kredit yang akan kamu bayar. Rumusnya ialah pokok kredit sama dengan harga mobil dikurangi DP. Sebagai contoh, PK = Rp. 200 juta – Rp. 40 juta = Rp. 160 juta. 
     3.    Menentukan Tarif Bunga (TB)
Sebelum berlanjut pada cicilan atau angsuran yang harus dibayar setiap bulan, kamu akan diarahkan dulu untuk menghitung tarif bunga. Caranya dengan mengalikan pokok kredit dengan persentase tarif bunga. Untuk persentase tarif bunga sendiri sudah ditentukan oleh leasing berdasarkan jangka waktu atau tenor yang sudah ditentukan juga.
Rumusnya ialah TB = PK x Persentase TB. Misalnya jangka waktu yang diambil ialah 3 tahun, maka persentase tarif bunganya 8%. Perhitungannya, Rp. 160 juta x 8% = Rp. 12,8 juta x 3 tahun = Rp. 38,4 juta. Jadi, tarif bunga yang akan kamu bayar selama jangka waktu 3 tahun ialah Rp. 38, 4 juta.
  
     4.    Menentukan Angsuran atau Cicilan Per Bulan
Setelah menghitung tarif bunga, langkah selanjutnya yaitu menghitung besaran angsuran yang harus kamu bayar setiap bulannya. Rumusnya dengan menambahkan pokok kredit dan tarif bunga lalu dibagi dengan jangka waktu kredit.Contoh: Cicilan = (Rp. 160 juta + Rp. 38,4 juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp. 5. 551.200. Jadi, besaran cicilan atau angsuran per bulannya ialah Rp. 5. 551.200.
      5.    Menentukan Asuransi dan Biaya Administrasi
Terakhir, kamu harus menghitung biaya administrasi dan tarif asuransi. Tarif asuransi dan biaya administrasi biasanya sudah ditentukan bersamaan dengan jangka waktu pembayaran yang kamu pilih. Tarif asuransi untuk 3 tahun ialah 9,5%, sedangkan biaya administrasinya Rp. 550.000. Rumus menghitung tarif asuransi: 9,5% x harga mobil. Contoh: 9,5% x Rp. 200 juta = Rp. 19 juta. 
Dengan demikian, total uang yang harus dipersiapkan untuk membeli dan membayar kredit pertama mobil baru kamu ialah Rp. 40 juta + Rp. 5. 551.200 + Rp. 19 juta + Rp. 550.000 = Rp. 65.061.200.
Itulah contoh menggunakan simulasi kredit mobil baru yang bisa dijadikan pertimbangan. Dengan adanya simulasi ini kamu bisa menghitung keseluruhan jumlah uang pertama yang harus kamu bayar dan persiapkan. Selain itu, simulasi ini memberikan kamu pertimbangan dalam menentukan cicilan per bulannya. 
Cara menghitung simulasi kredit ini tidak perlu dilakukan manual, karena setiap website leasing memiliki form simulasi kredit mobil baru. Jadi, kamu tinggal mengunjungi saja website-website tersebut dan mulai lakukan perhitungan digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar