Sabtu, 23 Februari 2019

Yuk, Atur Keuangan untuk Membayar Premi Asuransi Jiwa

Premi asuransi jiwa sangat bervariasi tergantung produk asuransi dan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Sebenarnya, pemilihan besarnya premi asuransi bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda agar tidak terasa keberatan dan pembayaran premi bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Namun, seringkali tetap saja terasa berat membayar premi asuransi.

Sebagai pengguna asuransi, Anda memiliki kewajiban untuk membayar premi. Dengan adanya layanan asuransi jiwa, Anda bisa lebih nyaman dan tenang dalam menjalani kehidupan ini. Rasa nyaman dan tenang ini harus dibayarkan dengan membayar premi yang sudah ditentukan secara teratur.

Lalu, bagaimana jika Anda kesulitan membayar premi? Sebenarnya pembayaran premi asuransi bisa dilakukan tanpa keberatan jika Anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Kali ini, kita akan membahas bagaimana mengatur keuangan agar bisa memenuhi kebutuhan untuk membayar premi asuransi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

     1.      Catat pendapatan
Hal pertama yang perlu diketahui adalah jumlah pendapatan Anda selama satu bulan. Seberapapun pendapatan yang diterima, jangan lupa untuk menuliskannya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa tahu berapa jumlah pendapatan dan seperti apa pengeluaran yang bisa Anda lakukan.


     2.      Penuhi kebutuhan prioritas
Lebih baik, penuhi kebutuhan prioritas Anda terlebih dahulu sesaat setelah Anda menerima uang gaji. Setelah mendapatkan uang bulanan, Anda bisa langsung memenuhi kebutuhan utama. Untuk urusan asuransi, bisa saja Anda menjadikannya sebagai prioritas utama ataupun tidak tergantung pendapatan pribadi Anda.


     3.      Sisihkan dana khusus
Jangan lupa untuk menyisihkan dana khusus. Dana khusus ini diambil dari pendapatan Anda. Masukkan dana khusus ke rekening yang berbeda sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan Anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun ingat, dana khusus ini hanya digunakan untuk membayar premi asuransi yang Anda ikuti. Jadi, jangan dipakai untuk hal lainnya.


     4.      Menabung rutin
Menabung memang selalu menjadi kegiatan yang positif. Kebiasaan menabung juga sebenarnya sudah diajarkan sejak kita kecil. Ada baiknya Anda menabung rutin agar pembayaran premi bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak akan merasa keberatan saat harus membayar premi karena sudah menabung terlebih dahulu.


Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda agar bisa membayar premi asuransi jiwa  secara teratur. Pastikan pembayaran premi benar-benar dilakukan secara rutin. Jika Anda membayar premi rutin maka akan jauh lebih mudah untuk melakukan klaim saat asuransi memang dibutuhkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar