Jumat, 22 Februari 2019

Jual Beli Motor: Pilih Motor Baru atau Bekas? Tentukan Pilihan Anda!

Jual beli motor kini bisa dengan mudah ditemukan. Hal ini merujuk pada kebutuhan masyarakat akan mobilitas sehari-hari. Alih-alih membeli mobil, hingga hari ini motor masih menjadi andalan karena dinilai lebih praktis, gesit dan lincah. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan yang rawan kemacetan. Dimana akan kesulitan menerobos antrian kendaraan apabila Anda mengendarai mobil.

Memang ada transportasi publik yang bisa digunakan, namun belum tentu rute perjalanan Anda sejalur dengan bus atau angkot tersebut.

Alternatif terbaiknya adalah Anda disarankan memiliki motor. Sekali pun terhalang budget, Anda bisa memilih motor bekas yang harganya lebih terjangkau. Kendati demikian, baik itu motor baru atau bekas tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Motor Baru

Setidaknya ada dua kelebihan yang dapat Anda rasakan langsung apabila membeli motor baru:

1.      Garansi Resmi
Anda sudah pasti mendapat garansi resmi apabila beli motor baru. Garansi merupakan salah satu layanan istimewa dari produsen untuk menjamin produk tersebut apabila terjadi kerusakan dalam rentang waktu yang telah ditentukan.
Selain mendapat garansi resmi, Anda berkesempatan memiliki motor dengan model dan fitur baru.

2.      Tidak Perlu Perbaikan Khusus
Anda tidak perlu memikirkan biaya perbaikan atau reparasi. Karena motor baru sudah pasti didesain sedemikian rupa sehingga memberikan performa yang luar biasa sehingga tidak membutuhkan perbaikan khusus. Setelah membelinya, Anda bisa langsung menggunakannya.


Kelemahan Motor Baru

 1.      Kelengkapan Dokumen Tidak Langsung Diperoleh

Kelengkapan dokumen barus bisa Anda dapatkan maksimal 30 hari setelah Anda menyelesaikan transaksi pembelian. Artinya, walaupun Anda sudah bisa membawa pulang motor tersebut, Anda masih harus tetap berhati-hati jika menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh.

2.      Harus Servis di Bengkel Resmi Selama Masa Garansi
Sebenarnya poin ini bisa menjadi kelebihan juga, namun untuk Anda yang tinggalnya jauh dari bengkel resmi tentu akan sedikit kesulitan jika harus membawa motor ke bengkel resmi. Sebaliknya, ini akan memudahkan Anda ketika tempat tinggal dekat dengan bengkel resmi. Inilah mengapa sebaiknya Anda membeli motor di dealer yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal.

Kelebihan Motor Bekas

1.      Harga Murah

Harga yang ditawarkan pada motor bekas biasanya lebih miring. Apalagi jika Anda membeli motor tersebut dari pemilik yang sedang butuh dana cepat.

2.      Banyak Model yang Dapat Dipilih Sesuai Budget
Budget banyak atau sedikit selalu ada pilihan motor yang tersedia. Akan tetapi, harga akan sangat menentukan kualitas barang. Sepeda motor dengan jenis dan tipe sama mungkin saja akan diberi harga berbeda, karena beberapa faktor, seperti tahun pembuatan atau faktor kerusakan.

Selain itu, membeli motor bekas dapat langsung bisa digunakan, tak perlu menunggu waktu lama.

Kelemahan Motor Bekas
 
1.      Harus Siap Biaya Reparasi
Motor bekas bisa jadi menyimpan beberapa kerusakan, karena itu harus siap dana untuk biaya reparasi. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk balik nama, dari nama pemilik pertama menjadi nama kamu.

2.      Harus Hati-Hati Dalam Memilih
Saat seseorang menjual sepeda motor, tentu punya alasan tertentu. Entah bosan atau karena rusak. Sebagai pembeli, Anda harus berhati-hati dalam memilih motor bekas. Jangan sampai Anda mendapat motor bekas yang sudah banyak mengalami kerusakan.

Demikianlah ulasan tentang kelebihan serta kelemahan ketika Anda membeli motor baru maupun motor bekas. Pada dasarnya tidak masalah jika Anda harus membeli motor baru atau bekas. Selama Anda membelinya di dealer jual beli motor yang terpercaya, membeli motor bekas pun memungkinkan Anda mendapatkan motor yang masih oke kualitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar