Minggu, 11 November 2018

5 Cara Mendeteksi Penipuan di Online Shop


Online shop adalah fasilitas yang memudahkan kita untuk mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan tanpa harus pergi keluar rumah. Ya, belanja di online shop kini sudah menjadi gaya hidup bagi hampir semua orang. Kita bisa mendapatkan produk apapun yang berasal dari tempat manapun bahkan dari luar negeri karena adanya fasilitas belanja online.
 
Belanja online tentu menjadi solusi tepat bagi anda yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari dan tidak sempat untuk pergi belanja di toko konvensional. Bagi mereka yang sibuk, akan jauh lebih mudah jika belanja di toko online dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet. Ditambah lagi, sekarang ini ada banyak toko online yang berlomba-lomba untuk memberikan penawaran harga paling murah untuk anda.


Namun, di balik semua kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan oleh toko online ada hal yang perlu diwaspadai. Karena penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung maka sangat rentan terjadi tindak penipuan di dunia jual beli online. Jika anda tidak ingin tertipu ketika belanja online, maka anda harus ekstra hati-hati dan waspada saat memilih toko online.

Menghindari Penipuan di Toko Online

Kasus penipuan di dunia jual beli online memang bukan hal yang langka. Kejadian ini sudah sering terjadi dan sudah ada banyak orang yang menjadi korban dan harus menderita kerugian dalam jumlah besar. Agar anda tidak mengalami hal semacam ini, berikut ada 5 tips untuk mendeteksi adanya tindak penipuan di dunia jual beli online :

1.    Online Shop Tanpa Testimoni
Biasanya online shop akan menampilkan testimoni dari para konsumennya. Anda patut curiga jika online shop sama sekali tidak memiliki testimoni. Pastikan untuk melihat testimoni pelanggan dari sebuah toko online karena dari situlah anda bisa menilai bagaimana kualitas sebuah toko online apakah memang bisa dipercaya atau tidak.

2.    Bukan Foto Produk Asli
Salah satu cara untuk melihat kualitas sebuah toko online adalah dengan melihat foto-foto produk yang ditampilkan. Jika online shop menampilkan foto-foto produk yang asli, berarti mereka bisa dipercaya. Namun, jika foto produknya saja sudah palsu maka anda patut curiga.

3.    Tidak Bisa Memberi Informasi Produk
Setiap penjual seharusnya tahu bagaimana detail informasi produk yang mereka jual. Sebelum membeli produk, anda sebaiknya bertanya seputar detail produk yang akan anda beli. Jika penjual tidak bisa memberikan informasi produk dengan jelas maka anda sepatutnya curiga.

4.    Harga yang Tidak Wajar
Coba perhatikan harga yang ditawarkan oleh toko online tersebut. Sebelum membeli produk, anda sebaiknya cari tahu dulu berapa harga normal produk tersebut di pasaran. Jika toko online menawarkan produk tersebut dengan harga yang tidak wajar entah terlalu murah atau terlalu mahal, maka anda sebaiknya curiga dan tidak melanjutkan transaksi.

5.    Periksa Nomor Rekening
Sebelum melakukan transfer sejumlah uang ke rekening penjual, anda sebaiknya memeriksa nomor rekening yang diberikan kepada anda. Sekarang ada fasilitas pemeriksaan nomor rekening secara online. Anda bisa memasukkan nomor rekening tersebut kemudian mencari tahu apakah ada riwayat penipuan yang pernah tercatat.

Itulah tadi 5 cara untuk mendeteksi tindak penipuan yang mungkin terjadi ketika anda berbelanja online. Pastikan untuk selalu waspada, jangan hanya tergiur dengan foto produk dan harga murah yang ditawarkan oleh online shop. Selalu lakukan pengecekan terlebih dahulu agar anda tidak mengalami penipuan yang bisa menyebabkan anda rugi waktu dan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar