Senin, 30 Oktober 2017

Musik yang Dapat Meningkatkan Tingkat Kepedasan Saat Makan Makanan Pedas


Saat mengonsumsi makanan pedas, bila terasa kurang "nendang" coba sambil dengarkan lagu-lagu bertempo cepat. Misal lagu-lagu dari Red Hot Chilli Peppers atau Spice Girls. Dijamin, derajat kepedasannya meningkat.

Ilmuwan asal University of Oxford, Inggris mengungkapkan mendengarkan musik yang bertempo cepat dan energik dapat meningkatkan kepedasan makanan hingga 10 persen. Oleh peneliti hal ini disebut 'sonic seasoning'.

Mengutip Daily Mail, Senin (30/10/2017) fakta menarik ini terungkap setelah peneliti meminta 180 relawan mengonsumsi makanan pedas sambil mendengarkan musik bertempo cepat atau tenang.

Hasilnya, yang mendengarkan musik dengan tempo cepat dan nada tinggi mengungkapkan makanannya jadi terasa lebih pedas, seperti tertulis dalam jurnal Food Quality And Preference.

Berdasarkan studi ini, bisa jadi itu alasan saat makan kari di restoran India jadi lebih pedas dibandingkan makan di rumah. Musik tradisional India dengan ciri khas gitar melengking, drum dengan ketukan cepat dan nyanyian bernada tinggi membuat kari jadi terasa lebih pedas.

Mengonsumsi makanan pedas seperti yang berasal dari paprika atau cabai terbukti membantu menurunkan berat badan. Saat mengonsumsi makanan pedas, kata peneliti dari Laval University, meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh membakar energi lebih cepat dan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar